Senin, 01 September 2014

Apa Itu Gempahr


Apa itu GEMPAHR .. ??
mm… Gempahr itu singkatan loh.. lebih singkat lagi yaitu GMP… kepanjangan dari pada Generasi Mahasiswa Pecinta Alam anak-anak Harapan khususnya anak-anak Teknik, anak Ekonomi Harapan juga boleh… tapi pake’ jalur khusus … (Kata Ketua Umum)

Kapan terbentuk Gempahr .. ??
Pengen sech terbentuk dengan sendirinya.. “co iko lagendanyo”. (si Ajo Gendut mulai mandongeng & anak-anak yg lain serius liatin mukanya yg culun & agak Oon)
Pada awalnya kito ado Sabaleh urang, tapi karano nan ci’ek mangundurkan diri yah tinggalah sapuluah urang. Sebelum diagianyo namo GEMPAHR kito sariang mangadakan pertemuan.. yaa istilah karennyo “Rapek”(dlm bhs Sumatera Barat “Meeting”). Karano babarapo urang pandiri ado nan punyo basic di Alam (Baka) maka rapatnyo di Taman Mak Yan (kalau sadonyo basic mahasiswa murni pasti kita rapatnyo di Grand Angkasa). Tiap pulang kuliah kami salalu mangadakan rapek di Taman Mak Yan s/d selesai (Oh iyo… Mak Yan itu  salalu satia nan manjago kami setiap rapat, Taman Mak Yan lataknyo di depan Kampus-I). Ada babarapo nama nan masuak nominasi hingga akhirnya tarpilihlah nama GEMPAHR pada tanggal 8 Mei 2000 dan jua tarsusunnyo AD/ART Gempahr nan manjadi acuan utamo kegiatan Gempahr. Damikianlah barito dari Ajonya Gempahr, Wassalam……. 


Status & keberadaan Gempahr.. ??
Eneng wong yang lagi sendiri & telu wes nikah (celetuk Anak Kampung). Status keanggotaan pundi hidup sepanjang moso tetapi seng jagong neng kepengurusan gempahr sendiri meriko mahasiswa seng aktif (iki loh seng ngomong wong jowo alias ngko atou B’you atou lebih penak dipanggil opo yo weslah seng karepmu).
Keberadaan Gempahr sendiri sudah diakui oleh pihak kampus, sebentar lagi kita akan mengadakan penerimaan calon anggota baru untuk Angkatan-IV 2004/2005 yang mana pendaftaran dibuka dari tgl 20 Sept’ 2004 s/d pertengahan Oktober, buruan daftarin aja ke Sekre Gempahr jika memang berminat, hubungi aja aku (celoteh si Ketua Diklat “Padel”).



Setiap calon anggota yang mendaftarkan diri wajib mengikuti Pendidikan Dasar yang terdiri dari 2 tahap yaitu: Materi Ruang dan Materi Lapangan. Selanjutnya calon anggota yang mampu mengikutinya hingga selesai Pendidikan Lapangan akan dilantik menjadi Anggota Muda (AM) Gempahr, dan wajib melaksanakan program kerja yang diberikan oleh Pengurus, hingga AM itu layak menjadi Anggota Biasa (AB) setelah memenuhi kriteria dalam organisasi. 
Syarat jadi anggota muda GEMPAHR adalah:
1.    Masih berstatus mahasiswa di STT-Harapan Medan.
2.   Mengisi formulir pendaftaran dan melunasi biaya formulir sebesar Rp. 3000,-
3.   Mengembalikan formulir pendaftaran sampai waktu yang ditentukan oleh Panitia Diklat.
4.   Mengikuti pendidikan calon anggota baru.

Apa-apa saja kegiatan Gempahr.. ??
Yah itu tadi… Pendidikan Lapangan penerimaan anggota baru, Latihan Pemantapan, magang Outbound di salah satu Team Outbound, dan ada lagi neh… tapi aku gak berani bilang, takut bocorr agenda Gempahr. Yaaahh … pokoke agenda kita selalu ada (Kata Ketua Harian).

Kegiatan yang pernah diikuti Gempahr sendiri.. ??
Banyak yang sudah diikuti, ini yang ingat aja yah; Gebyar SAR Agust’ 2001 dapat nomor di Vertical Rescue (juara 2) dan PPGD (juara 2), Seleksi Panjat Tebing Tingkat Mahasiswa, Lomba Dayung di Cadika Agustus 2004. Salah seorang Senior Gempahr ikut perlombaan Arung Jeram di Malaysia July 2004 (juara 3). Oh iya..





baru-baru ini juga kita mengirim anggota ke Bandung kegiatan Lokakarya SAR se Bandung Raya. Dalam kegiatan operasi SAR juga Gempahr selalu mengirimkan utusannya untuk tampil terdepan. Memang Gempahr berdiri tahun 2000, tapi pendiri Gempahr sudah lebih dahulu aktif yaitu: operasi SAR hilangnya anak SMA di Sibayak Des’ 1996, hilangnya turis Jerman di Sibayak tahun 1997, jatuhnya pesawat Garuda di Desa Buah Nabar, tragedi longsor di Dairi Des’ 2000, dan banyak lagi….

Motto Gempahr sendiri apa tuh.. ??
Setiap ada kegiatan atau pertemuan pasti ada makan-makan (teriak anak-anak Gempahr serentak, apalagi Godang teriakannya paling kenceng) dan dimana ada makan-makan disitu ada anak-anak Gempahr. Hu.. daasar lapar…!
Ada pepatah yang mengatakan: “Persahabatan itu seperti (mata) rantai, dia tak akan putus jika salah satu (mata) rantai itu yang duluan memutuskannya”.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar